Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini

Selamat datang di website kami

 Venture Capital : Permodalan Islami yang diadopsi Kapitalis (1) Capital Performa - Venture Capital : Permodalan Islami yang diadopsi Kapitalis (1)

Venture Capital : Permodalan Islami yang diadopsi Kapitalis (1)

01 Jul 19 13:27:43

Pernah mendengar kalo gojek dapet modal dari venture capital?

Atau tencent yang memodali shopee?

Atau alibaba yang memodali lazada?

Familiar dengan kata venture kapital?

Bila kita perlu modal, biasanya dateng ke bank. Lalu proses. Dan cair bulan ini juga. Tapi di bulan depan, cicilan pertama harus masuk.

Padahal, uang yang bulan ini masuk aja baru jadi bahan baku, alat produksi, dll. Jalan aja belum, tapi bulan berikutnya harus kena cicilan bank. Mana bank ga mau tahu, ya cicilan tetep harus masuk di bulan berikutnya. Merasakan yang seperti ini? Tenang, sama pernah merasakan.. ????

Nah di sisi lain, ada sebuah konsep yang namanya patungan usaha. Dari banyak orang, lalu uangnya ngumpul. Setelah itu, diserahkan pada usaha yang memerlukan modal. Berjalannya waktu, yang patungan usaha ingin dapet bagi hasil dan tentu modal balik.

Tapi seiring berjalannya waktu, eh usahanya malah tutup, bangkrut, dengan kondisi uang perusahaan dan stok barangnya juga ga ada.

Lalu, di sebelah barat sana. Menemukan sebuah formula yang pas bagi pengembangan bisnis. Lalu mereka namakan lembaga permodalan ini dengan sebutan venture capital.

Venture Capital ini, biasanya berdiri atas nama PT. Otomatis memang fokus mereka mencari untung. Karena rata-ratanya, mereka juga mendapatkan modalnya dari investor lain.

Sandiaga Uno, ini menjalankan venture capital. Cuman beliau tidak menyebut demikian, karena tahun 98 belum ada istilah venture capital. Biasanya manager investment.

Apakah venture capital ini hanya memberi modal dalam bentuk uang dengan mekanisme pembayaran yang fleksibel?

Nope. Venture Capital biasanya saat hendak investasi pada usaha kecil/menengah mereka membawa semua resource yang ada. Paling tidak, mereka bawa 4 hal :
1. Knowledge
2. Network
3. SDM
4. Modal

Lalu?

Segini aja dulu yaa.. mudah-mudahan bermanfaat.

©2019 Capital Performa All right reserved   Developed by javwebnet