Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini

Selamat datang di website kami

 Scale Up : Berapa Score Anda saat Ini? Capital Performa - Scale Up : Berapa Score Anda saat Ini?

Scale Up : Berapa Score Anda saat Ini?

05 Sep 19 06:00:43

'Kang, saya pusing. Kemarin ada coach yang bilang usaha saya untuk scale up, tapi saat scale up ternyata malah bikin usaha semrawut. Vendor makloon saya yang dia mengklaim bisa menerima order 20.000 pcs, saya kasih semuanya 20.000 pcs. Tapi hasilnya, ternyata 9.000 pcs kaos aja dia kelabakan. Saya jadi pusing dengan tagihan yang muncul saat ini. Ya tagihan dari suplier, maupun tagihan target kerjaan yang belum selesai.'

***

Saya ga bisa ngapa-ngapain kalo udah ada yang curhat begini. Spirit Scale Up itu baik dan sangat bagus. Banyak di antara pelaku UKM dimotivasi untuk berkembang dan menumbuhkan bisnisnya dengan timeline dan time limit. 2 tahun harus sekian ribu persen. Selain menggerakan roda ekonomi, tentu banyak kebaikan lainnya yang akan hadir.

Tujuan kita Scale Up, tentu ingin bisnis kita jauh lebih baik. Jangan sampai salah Scale Up, harusnya kebaikan yang di Scale Up malahan masalah yang kita Scale Up.

Namun di sisi lain, ada hal yang harus kita jejak terlebih dahulu. Sebelum bicara Scale Up, hal utama yang harus digali adalah terkait kenyamanan dirinya dan prioritasnya.

Contoh saja, ada salah satu klien kami di Capital Performa. Pasangan ini sebelumnya adalah PNS. Dengan gaji PNS double, tentu kita tahu berapa nilai yang mereka dapatkan setiap bulan. Apalagi PNS pajak, insentif dan tunjangannya yang relatif lebih besar.

Saat masih bekerja, mereka sambil berjualan pernak-pernik bayi. Kebutuhan ibu muda. Ya, ini disasar sekalian memenuhi kebutuhan anak mereka juga. Dan saat bisnis tumbuh, mereka memilih untuk resign dari PNS-nya.

Bisnisnya tumbuh, berkembang cepat. Dan penjualan setiap bulan diatas 300juta bahkan sesekali omzetnya tembus 500juta dalam 1 bulan. Namun, semakin besar bisnisnya. Semakin besar omzetnya, yang ada, mereka mulai  merasa lelah. Lelah karena bisnis semakin besar kok utang juga semakin besar.

Saat saya tanya, 'Data keuangan ada?'

'Itu kang, kami hanya buat laba-rugi aja. Arus kas dan neraca kami tidak buat, karena kami ga tahu gimana bikinnya. Ya meskipun kami alumni STAN. Ya gimana lagi.' jawabnya.

Ya, semangat Scale Up harus kita jaga. Di sisi lain, memahami dimana posisi kita saat ini juga penting. Karena, ibarat kita hendak berjalan menggunakan google maps, jika GPS kita tak menyala, maka google maps bisa memberikan tujuan tanpa bisa mengantarkan anda menuju tempat tujuan anda. Tak bisa merekomendasikan jalan mana yang harus ditempuh. Jalan mana yang macet parah seperti Jl. Jakarta kota Bandung saat ini. Hal utama yang harus dipahami : Dimana saat ini kita berada?

 

Rifkibrian
CEO Capital Performa

©2019 Capital Performa All right reserved   Developed by javwebnet