Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini

Selamat datang di website kami

 Riset Capital Performa - Riset

Riset

06 Sep 19 06:00:43

Riset
Rifkibrian

'Research is creating new knowledge' (Neil Armstrong)

***

Riset itu dilakukan terkadang dalam rangka memastikan hipotesa kita sesuai dengan kebutuhan lapangan. Bisa juga riset dilakukan dalam rangka uji publik. Maka, jika bicara bisnis, sebelum produksi massal, rata-rata perusahaan besar memulai dari riset kecil. Sederhana. Terbatas. 

Dengan sumber daya yang sangat kecil. Bukan karena mereka tak sanggup melakukan uji publik secara besar, tapi ini bicara tentang efektivitas, efisiensi, berdampak. Dan lagi, bicara bisnis, maka berbicara : berapa rasio finansial yang dihasilkan dari riset itu?

Maka, dalam setiap riset, kita akan selalu ada batas yang harus dilakukan. Agar apa? Mudah dalam evaluasi. Jika sebuah produk yang kita buat tak relevan, maka kita akan sangat agile untuk segera mengubah haluan. Karena bagi UKM ada batas : cashflow.

Apakah riset hanya bicara tentang produktivitas?

Tidak selalu, karena setiap riset ada resiko yang harus dihadapi. Maka, dengan budget riset yang dibatasi itu, kita sedang membangun resiko kegagalan riset dan pengembangan bisnis secara terukur. Resikonya bisa ditanggulangi. Resikonya terkelola.

Silicon Valley, siapa yang tidak tahu tentang 'kampung' yang melahirkan perusahaan-perusahaan digital besar dunia saat ini. Cek di buku-buku NLP dan coaching. Kita akan tahu bahwa Silicon Valley adalah kawasan kecil, terbatas. Sosial ekosistem. Yang secara sengaja dibentuk untuk melahirkan manusia dengan kualitas baik. Dan tentu, membentuk wilayah ini merupakan bagian dari riset.

Jika tingkah laku manusia bisa dibentuk, di-create. Apatah lagi tentang bisnis. Produk. Mekanisme kerja. Sistemasi. Semua bisa. Selama, kita bisa melakukan fungsi kontrol atas riset/pengembangan yang dilakukan.

Itu bicara bisnis orang dan mekanisme orang. Kalo kamu sendiri gimana ki? Biasanya cuman teori doank lah.

Dan tentu, Capital Performa adalah hasil dari riset. Bukan ujug-ujug hadir tanpa riset dan ujicoba. Meski waktu risetnya panjang (seingat saya, ia bermula dari 2012 secara realitas waktu risetnya). Tapi resource yang keluar sangat terbatas. Ia hanya bermula dari modal Rp 25.000,-. Ya, modal kartu nama saja.

Dan saat ini, mengelola beberapa perusahaan. Memperbaiki kinerjanya dengan metode sederhana dan aplikatif. Kuncinya hanya satu : FIT TO MARKET. Agar FIT TO MARKET. Maka, RISET.

©2019 Capital Performa All right reserved   Developed by javwebnet